June 5, 2020
sistem keamanan jaringan nirkabel

Sistem Keamanan Jaringan Nirkabel / Wireless Lengkap

Pada Kesempatan ini saya akan membahas lengkap materi Sistem keamanan jaringan nirkabel atau wirelless lengkap mulai pengertian, jenis, dan menerapkan sistem keamanan jaringan nirkabel.

Saat ini pengamanan sebuah jaringan saat diperlukan. Apalagi untuk jaringan nirkabel atau wirelless harus mempunyai sistem keamanan yang kuat agar tidak mudah ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Anda haru mengantisipasi adanya ancaman tersebut. Dengan menerapkan sistem keamanan jaringan nirkabel atau wireless. Ada beberapa jenis keamanan jaringan yang bisa diterapkan untuk melindungi jaringan anda. Berikut beberapa jenis keamanan jaringan.

Beberapa Jenis Sistem Keamanan Jaringan Nirkabel

1. Wired Equivalent Privasi (WEP)

WEP (Wired Equivalent Privasi) juga disebut dengan Shared Key Authentication. WEP atau Shared Key Authentication merupakan metode pengamanan dengan menggunakan enkripsi kunci yang dimasukkan ke client maupun ke access point. Kunci atau kata sandi harus cocok dengan kata sandi yang diberikan akses point ke client.

Singkatnya Keamanan WEP atau Shared Key Authentication yaitu Client harus memasukkan kata sandi / password authentication yang telah di tentukan oleh access point untuk dapat terhubung ke jaringan.

WEP menggunakan standart IEEE 802.11b.

2. Wifi Protected Access (WPA)

Wifi Protected Access (WPA) merupakan jenis keamanan untuk melengkapi dari sistem keamanan WEP. WPA mengimplementasikan standart IEEE 802.11i.

Keamanan WPA didesain menggunakan PC yang berfungsi memberikan authetication server yang memberikan kunci pada masing-masing client dari suatu jaringan nirkabel yang menggunakan access point sebagai media sentral komunikasi. WPA menngunakan metode enkripsi algoritma RC4.

BACA JUGA :   Pengertian Sistem Operasi, Jenis dan contohnya

Pengamanan jaringan nirkabel menggunakan metode WPA harus memenuhi beberapa kebutuhan berikut :

  • Server

Server yaitu komputer yang dituju oleh akses point yang akan memberikan otentikasi kepada client. Perangkat lunak yang bisa digunakan antara lain FreeRADIUS (Remote Authentication Dial in User Protocol), openRADIUS dan lain-lain

Port

Nomor port yang digunakan adalah 1812.

  • Shared Secret

Share Scret adalah kunci yang akan dibagikan ke komputer client secara transparant.

Keamanan WPA pada smartphone android dapat mengenkripsi password wifi sehingga tidak mudah melihat password wifi yang tersimpan.

Kelebihan metode keamanan WPA :

WPA meningkatkan enkripsi data dengan teknik Temporal Key Integrity (TKIP) dengan menggunakan enkripsi RC4.

Kelemahan metode keamanan WPA :

Kelemahan metode keamanan WPA yaitu proses enkripsi/dekripsi yang lebih lama dan overhead lebih besar. Jadi proses transmisi data menjadi lebih lambat dibandingkan metode keamanan WEP.

3. Wifi Protected Access 2 (WPA2)

WPA2 adalah protokol keamanan jaringan nirkabel pengganti WPA. WPA2 menggunakan algoritma AES dan CCMP (Counter Cipher Mode with Block Chaining Message Authentication Code Protocol) sebagai pengganti TKIP. Oleh karena itu WPA2 menjadi protokol paling aman dibandingkan WEP dan WPA.

4. Wifi Protected Access – Pre Share Key (WPA-PSK)

Wifi Protected Access – Pre Share Key (WPA-PSK) adalah pengamanan jaringan nirkabel teerproteksi melalui password. Pre Shared Key yaitu metode otentifikasi client dengan password hingga 133 karakter melalui teknik enkripsi. WPA menggunakan enkripsi TKIP.

5. Wifi Protected Access 2- Pre Share Key (WPA2-PSK)

Wifi Protected Access 2- Pre Share Key (WPA2-PSK) adalah sistem keamanan jaringan nirkabel / wireless yang terbaru yang lebih baik dari WEP dan WPA-PSK. WPA2-PSK menggunakan 2 jenis decryption yaitu Advanced encryption standard (AES) dan Temporal key Integrity Ptotokol (TKIP). TKIP mempunyai banyak kelemahan, Oleh karena itu lebih baik menggunakan AES. Dengan syarat router dan wifi adapter anda support WPA dan WPA2.

BACA JUGA :   Hub VS Switch : Perbedaan Hub dan Switch Lengkap Penjelasannya

6. Mac Filter

MAC address filtering adalah metode filtering untuk membatasi akses dari MAC address. Semua perangkat jaringan mempunyai alamat mac address.

Cara kerja MAC Filtering yaitu Access point atau Router menseleksi komputer atau perangkat mana sayang yang dapat terhubung ke jaringan. Jadi, tidak semua perangkat dapat terhubung ke jaringan wifi tersebut.

Tanya Jawab

Pengertian Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel adalah Sebuah jaringan yang mana media transmisinya tidak mengunaknan kabel melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai penghubung untuk komunikasinya.

Apa itu keamanan jaringan ?

Keamanan jaringan adalah kegiatan monitoring dan memproteksi jaringan komputer untuk mencegah penyalahgunaan sumber daya yang tidak sah.

Demikian artikel tentang sistem keamanan jaringan nirkabel atau wireless. Semoga dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita. Terima kasih sudah bekunjung.

Mau cari apa lagi ?

Artikel Menarik :

Leave a Reply

Your email address will not be published.