Perintah dasar linux beserta fungsi dan cara penggunaannya

perintah dasar linux

Ardanisite – Hi Sobat, Gimana kabar kalian ? saya harap baik-baik saja. Lagi kebingungan dengan linux ya?. jika iya maka tepat sekali anda membuka artikel ini. karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perintah-perintah dasar linux lengkap. Bagi anda pengguna linux pastinya tidak asing dengan perintah-perintah dasar linux yang jumlahnya banyak sekali. mungkin yang masih belajar menggunakan sistem operasi linux pasti akan kesusahan menggunakan sistem operasi open source yaitu linux.

Bagi anda yang masih pemula baru mengenal linux saya berikan pengertiannya terlebh dahulu. Apa itu linux ? Linux adalah sistem operasi berbasis open source atau gratis. Berbagai macam sistem operasi yang berbasis linux seperti : Debian GNU/Linux, Ubuntu, Linux Mint, Red Hat Enterprise Linux, Fendora, CentOS, dll. kernel linux dimulai pada taun 1991 oleh Linus Torvald.

Baca juga : Cara menghilangkan windows test mode

Karena berbasis open source sistem operasi yang berbasis linux dapat kalian modifikasi. Sistem operasi linux biasanya digunakan untuk keamanan jaringan. Sistem operasi linux juga bisa digunkan untuk sistem operasi jaringan. Sistem operasi linux banyak digunakan untuk server. Karena linux lebih cepat, aman dan gratis tentunya. mengapa server tidak menggunakan sistem operasi Windows ?. Karena kebanyak virus menyerang sistem operasi windows karna sistem operasi windows keamanannya lebih rendah dibandingkan sisitem operasi yang menggunakan kernel linux. Bahkan sistem operasi android juga menggunakan kernel linux. Sistem operasi androis yang digunakan pada smartphone menggunakan kernel linux maka dari itu kita dapat menjalankan perintah-perintah di linux pada smrtphone kita.

Sistem operasi yang berbasis linux dapat diinstal mode GUI ( Graphical user interfaces) dan mode CLI ( Command Line Interfaces ) . Jika kalian menggunakan mode CLI maka kalian harus menghafal berbagai perintah command pada linux.

Perintah-Perintah dasar linux beserta fungsi dan cara penggunaannya

PerintahFungsiCara Penggunaan
suMasuk pada mode Rootsu
adduserMembuat useradduser nama_user
loginmasuk ke userlogin nama_user
addgroupMembuat groubaddgrup nama_group
apt-get installMenginstall Aplikasiapt-get install nama_aplikasi
apt-get removeMenguninstall aplikasiapt-get remove nama_aplikasi
mkdirMembuat direktori barumkdir nama_direktori
rmdirRemove direktori rmdir nama_direktori
touch Membuat File touch nama_file
rmMenghapus filerm nama_file
ls Melihat isi direktorils
mvMemindahkan file /direktorimv lokasi_file lokasi_tujuan_file
cat Melihat isi filecat nama_file
cdpindah direktoricd lokasi_direktori
cpMenyalin filecp lokasi_file lokassi_tujuan_file
pwdMelihat lokasi direktoripwd
whoMelihat user yang loginwho
dfMenampilkan ruang hardisk df
hostnameMelihat hostnamehostname
dateMelihat tanggal date
cal Melihat kalendercal
ifupMenyalakan Jaringanifup nama_jaringan
ifdownMenghentikan jaringanifdown nama_jaringan
wgetMendownload file dari halaman webwget alamat_download
clearMembersihkah terminal linuxclear
exitKeluar dari terminalexit
rebootMerestart komputerreboot
haltMematikan komputerhalt

Berikut tabel perintah-perintah dasar linux. saya buatkan dalam bentuk tabel biar lebih rapi lagi. Perintah tersebut bisa digunakan untuk sistem operasi yang berbasis linux. perintah dasar lnux debian, perintah dasar linux ubuntu, perintah dasar yang sering digunakan untuk pengguna linux.

Baca juga : Cara membuat password di windows 10

Demikian postingan kali ini, jika ada kesalahan mohon di maklumi karena manusia tempatnya salah dan dosa. Jangan lupa kunjungi postingan saya yang lainnya. silahkan di baca- baca. terima kasih sudah berkunjungg. jangan lupa subscribe agar mendapatkan notifikasi terbaru dari saya. subscribe dapat pahala.

BACA JUGA :   Bahaya terlalu lama di depan komputer dan cara mengatasinya

Sumber : http://feverocto.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.