Hub VS Switch : Perbedaan Hub dan Switch Lengkap Penjelasannya

perbedaan hub dan switch

Hub VS Switch. Terlihat sama namun berbeda. Oke kali ini kita akan bahas apa saja perbedaan antara hub dan switch yang wajib kamu ketahui. Memang sekilas kedua perangkat ini mempunyai fungsi yang sama yaitu dapat menghubungkan beberapa perangkat jaringan komputer.

Namun perlu diingat hub dan switch adalah perangkat yang berbeda. Tidak mungkin kan sebuah perangkat yang berbeda mempunyai kegunaan dan fungsi yang sama secara keseluruhan. Pastinya ada perbedaan diantara kedua perangkat tersebut.

Supaya anda tidak bingung, mari kita bahas perbedaan hub dan switch mulai dari pengertian hingga perbedaan fungsi yang lainnya. Berikut penjelasannya.

Perbedaan Pengertian Hub dan Switch

hub vs switch
hub vs switch

Pengertian Hub

Hub adalah sebuah perangkat jaringan yang mengirimkan paket data ke semua port yang terhubung ke hub hingga paket data tersebut sampai ke tujuan.

Hub memiliki 3 jenis, diantaranya adalah :

  • Active hub : yaitu hub yang menerima data dari perangkat yang terhubung, kemudian memperkuat keamanan data sebelum dikirim kembali ke perangkat lain yang terhubung. Active hub memiliki fungsi sebagai repeater.
  • Passive hub : yaitu hub yang dapat menerima dan mengirimkan data ke perangkat lain yang terhubung. Passive hub memiliki fungsi bisa memisahkan dan membagi sinyal yang masuk untuk ditansmisikan ke jaringan.
  • Intellegent hub : yaitu hub yang dapat melakukan pengaturan dan pemeriksaan terhadap arus pergerakan data yang terjadi pada jaringa hub.

Pengertian Switch

Switch berbeda dengan hub. Switch adalah sebuah perangkat jaringan yang dapat mendistribusikan paket data langsung sampai ke tujuan antar komputer. Switch dapat mengirimkan paket data secara spesifik berdasarkan MAC Address.

BACA JUGA :   Cara Membuat Iklan Link Penelusuran Google Adsense Terbaru Di Blog

Switch memiliki 2 tipe, antara lain adalah :

  • Switch Unmanaged : yaitu switch yang jangkauan jaringannya relatif kecil. seperti : di rumah.
  • Switch Manage : yaitu switch yang jangkauan jaringannya lebih luas. Switch Manage dapat mengatur kecepatan, port, host serta dapat membuat Virtual LAN (VLAN).
  • Switch Smart Manage : yaitu penggabungan dari Switch Unmanage dan Switch Manage. Penggunaannya lebih mudah dari Switch Manage dan fiturnya lebih lengkap.

Perbedaan Hub dan Switch

1. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data Hub vs Switch :

  • Hub memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.
  • Switch memiliki kecepatan transfer data diatas 100 Mbps hingga 1 Gbps.

Tingkat kecepatan switch lebih cepat dibandingkan hub. Switch dapat mengirimkan data langsung ke tujuan. Sedangkan hub mengirimkan data ke semua port yang terhubung.

2. Sistem OSI Layer

Menurut Wikipedia OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977.OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI”

Perbedaan Hub dan Switch pada layer OSI yaitu :

  • Hub bekerja pada layer OSI pertama yaitu Physical Layer yang hanya dapa mengirim data dari engirin dan penerima saja.
  • Switch bekerja pada layer OSI kedua yaitu Data Link Layer dimana bisa menambahkan MAC Address pada paket berupa Data Link.

3. Sistem Keamanan

Hub memiliki sistem keamanan lebih rendah dibandingkan dengan Switch.

Hub mengirimkan data keseluruh perangkat yang terhubung.

Sedangkan Switch dapat menyeleksi komputer yang terhubung berdasarkan MAC Address untuk dikirimkan data atau jika MAC Address tersebut dapat minibulkan masalah pada jaringan dapat di blok saja.

BACA JUGA :   Perangkat Keras Komputer Lengkap

4. Konfigurasi

Jika dari segi konfigurasi Hub lebih mudah. Karena Hub tidak perlu konfigurasi lagi. Maka anda tinggal menghubungkannya saja tanpa harus ribet konfigurasi anda bisa langsung menggunakannya.

Sedangkan Switch membutuhkan konfigurasi terlebih dahulu untuk bisa digunakan secara maksimal. Switch yang membutuhkan konfigurasi berlaku pada Switch Manage dan Switch Smart Manage.

Konfigurasi yang dimaskud seperti memblokir dan mengizinkan perangkat mana yang boleh terhubung dengan switch. Anda juga bisa mengkonfigurasi menjadi VLAN.

5. Cara Kerjanya

Perbedaan cara kerja hub dan switch cukup berbeda. berikut perbedaannya :

  • Cara kerja Hub yaitu membagikan data ke setiap perangkat jaringan yang terhubung ke Hub.
  • Sedangkan cara kerja Switch yaitu dapat mengirimkan data ke perangkat yang sudah di tentukan melalui alamat MAC Address.

6. Harga

Ada harga Ada Rupa

Ardani

Pepatah yang tepat jika berbicara soal harga ya. Semakin tinggi harga suatu barang maka anda juga akan mendapatkan kualitas yang lebih baik pula.

Untuk harga sendiri Hub mempunyai harga lebih murah yaitu kisaran 100 ribuan saja.

Sedangkan switch biasanya mempunyai harga kisaran 200 ribu hingga jutaan rupiah tergantung merk dan tipenya.

Bagaimana anda sudah tahu perbedaan hub dan switch? Perbedaan diatas bisa menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan Hub atau menggunakan switch. Jika ingin yang canggih dan fiturnya lengkat serta keamananannya terjamin gunakanlah Switch. Sesuaikan budget ya. jangan dipaksain kalo gak ada budgetnya.

Jangan lupa klik iklan dulu sebelum pergi ya

Makasih ya…hehe

Mau Cari Apa Lagi?

Artikel Menarik :

BACA JUGA :   Cara Membuat Video Menjadi Gif di (WA,Youtube,IG,PC)
Seorang pemalas yang suka menulis. Menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Karena Menulis adalah Seni. "Begitu pikiran bekerja tangan bergerak."

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.