Perangkat keras komputer lengkap

perangkat keras komputer

Hai!! bertemu lagi dengan saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tentang Pengertian, Fungsi, dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware komputer. Yuk simak penjelasannya di bawah.

Pengertian Hardware atau perangkat keras komputer

Menurut Wikipedia Hardware atau Perangkat Keras Komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Secara sederhana hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer.

Macam-Macam Hardware atau Perangkat Keras Komputer

1. Motherboard

Motherboard

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

2. Processor

processor

Processor atau Central Processing Unit adalah Perangkat keras keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. CPU sering juga disebut juga otak dari sebuah komputer.

CPU berfungsi seperti kalkulator yaitu memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Fungsi utama CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras seperti keyboard, mouse, dan lainnya.

3. Harddisk

harddisk

Harddisk adalah perangkat keras komputer berbentuk piringan yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Harddisk berfungsi adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan RAM yang fungsinya hanya untuk menyimpan data secara sementara.

4. Monitor

monitor

Monitor adalah salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis.

Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

5. RAM (Random Akses Memory)

RAM

RAM atau Random Akses Memory adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan prosesor yang bersifat sementara.

6. Power Supply

Power Supply

Power Supply adalah sebuah hardware yang digunakan untuk menyuplay daya atau mengliri arus listrik pada komputer. Power Supply mempunyai 2 jenis yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX.

Fungsi Power Supply untuk mengubah tegangan arus AC menjadi arus DC.

7. LAN Card

lan card

LAN (Local Area Network) adalah salah satu perangkat keras antar muka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet menggunakan kabel LAN. LAN card sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda atau sering disebut dengan kartu jaringan, Network Interface Card (NIC), dan Ethernet Card.

Baca juga : Tata cara pengamanan peralatan pada jaringan

8. VGA Card (Video Graphics Accelerator)

vga card

VGA Card merupakan hardware yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar kemudian menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

9. AGP Card ( Accelerator Graphics Port)

agp card

AGP Card (Accelerated Graphics Port) merupakan hardware yang berfungsi memaksimalkan layar resolusi gambar pada monitor.

10. FDD (Floppy Disk Drive)

fdd

Floppy Disk Drive merupakan hardware yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakkan sekaligus menggerakkan head baca tulis yang kemudian diterjemahkan ke dalam disket.

11. Keyboard

keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

12. Mouse

mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

Fungsi Mouse :

  • Untuk menggerakkan kursor atau pointer.
  • Untuk melakukan Scroll Up atau Scroll Down.
  • Untuk membukan dan menutup suatu program.
  • Sebagai input device

13. Joystick

joystick

Joystick merupakan alat masukan yang digunakan untuk memasukkan perintah untuk menggerakkan permainan pada komputer.

Baca juga : Komunikasi dalam jaringan

14. Printer

printer

Printer merupakan hardware yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). saat ini Printer juga dapat sekaligus berfungsi untuk memindai dokumen (scanning), untuk mengirimkan dokumen seperti layaknya mesin fax, hingga untuk fotokopi suatu dokumen.

Baca Juga : Cara membuka situs blokir tanpa vpn

15. Sound Card

sound card

Sound Card merupakan hardware yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara.

16. CD ROM / DVD ROM

cd dvd

CD ROM / DVD ROM merupakan hardware yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

17. Scanner

scanner

Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.

18. Flashdisk

flashdisk

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan tertentu.

19. Modem

modem

Modem (Modulator Demodulator) adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

20. Speaker

Speaker

Speaker merupakan hardware output yang berfungsi untuk mengeluarkan pemosesan berupa suara dari komputer.

21. Trackball

trackball

Trackball merupakan peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

22. Lightpen

light pen

Lightpen merupakan perangkat input komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan atau menggambarkan pada layar mirip dengan layar sentuh tetapi dengan keakurasian posisi lebih tinggi.

23. Barcode Scanner

barcode scanner

Barcode adalah perangkat yang digunakan untuk membaca sebuah barcode. biasanya barcode digunakan pada kasir untuk memudahkan dalam menghitung total belanjaan serta mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

24. Digitizer

digitizer

Digizer adalah perangkat input yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital.

25. Touchpad

touchpad

Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan poisi relatif pada layar komputer.

Fungsi Touchpad :

  • Sebagai alat untuk mengontrol pointer / menggerakkan cursor
  • Sebagai alat input pada perangkat komputer
  • Scrolling

26. WebCam

webcame

WebCam adalah sebuah periperal berupa kamera sebagai pengambil gambar dan mikropon sebagai pengambil suara atau audio yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer.

27. Microphone

microphone

Microphone adalah perangkat keras output yang dapat menagkap gelombang suara kemudian diubah menjadi getaran listrik. Microphone Berfungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

Demikian artikel mengenai perangkat keras komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. jangan lupa kunjungi artikel yang lainnya. see you

Daftar Pustaka :

  • http://blog.unnes.ac.id/srirahayu/2016/02/19/macam-macam-perangkat-keras-pada-komputer-hardware/
  • https://www.yuksinau.id/perangkat-keras-komputer/

Leave a Reply

Your email address will not be published.