Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi, Jenis

perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer – Pada artikel kali ini kita akan membahas perangkat keras atau hardware, mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan contoh dari hardware komputer. salah satu perangkat yang penting dimiliki komputer yaitu perangkat keras. yaiya lahh kalo gaada perangkat keras berarti gaada komputernya :). becanda yaa… yuk kita bahas apa itu hardware komputer ?

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Apa itu perangkat keras komputer? Perangkat keras komputer Juga disebut dengan hardware adalah bagian dari sistem komputer sebagai perangkat yang dapat diraba, dilihat secara fisik, dan bertindak untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software). Perangkat keras berperan secara menyeluruh terhadap kinerja suatu sistem komputer.

Baca Juga : Pengertian Web Server dan Contohnya

Fungsi Perangkat Keras Komputer

Setiap perangkat keras atau hardware mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun fungsi utamanya yaitu menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi atau data pada komputer baik dari dalam maupun luar. Berikut fungsi perangkat keras atau hardware secara umum.

1. Mengolah Data atau Informasi

Perangkat keras atau hardware pada komputer tertentu mempunyai fungsi untuk mengolah data atau informasi oleh user, kemudian diproses menjadi informasi baru. Untuk mengolah data dan menjalankan proses pada sistem komputer.

BACA JUGA :   Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan android

2. Menerima Input

Beberapa perangkat keras atau hardware komputer mempunyai fungsi khusus dalam menerima input dari user. Data yang diterima dari input akan dapat di transfer pada output dan inputan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

3.Memberi Input

Apabila hardware sudah memproses informasi baru, hardware akan memberikan output lagi pada user. Seluruh output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanisme inilah yang saling mempengaruhi antar output dan input.

4. Menyimpan Informasi maupun Data

Dari sini seluruh output yang dihasilkan oleh komputer bisa Anda simpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan ini dapat dilakukan tak hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, akan tetapi juga perangkat yang dipasang di luar.

Baca Juga : Materi DNS : Mengenal Pengertian DNS, Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerja DNS

Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer berserta contohnya

Setelah mengetahui fungfi dari perangkat keras atau hardware pada komputer. sekarang kita bahas jenis-jenis perangkat keras atau hardware pada komputer. berikut jenis-jenis perangkat keras komputer besera contohnya

Perangkat Input Komputer (Input Device)

Perangkat input adalah perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer. Perangkat input memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan mengirimkan perintah atau data ke dalam sistem.

Contoh Perangkat Input

  • Keyboard
  • Touchpad
  • Mouse

Perangkat Proses (Process Device)

Jenis perangkat keras yang satu ini dapat berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer.

Contoh Perangkat Proses

  • CPU
  • RAM
  • VGA

Perangkat Output (Output Device)

Perangkat output adalah perangkat keras atau hardware pada komputer yang digunakan untuk menampilkan informasi atau hasil pengolahan yang dihasilkan oleh komputer kepada pengguna. Perangkat output dapat mengubah data yang diproses menjadi bentuk yang dapat dilihat, didengar, atau dipersepsi oleh pengguna.

BACA JUGA :   Bagaimana Jika Domain Expired Sudah Tidak Diperpanjang Lagi ?

Contoh Perangkat Output

  • Monitor
  • Speaker
  • Printer

Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data dan informasi dalam jangka waktu yang lebih lama. Perangkat penyimpanan memungkinkan data dan file untuk diakses, disimpan, dan diambil kembali saat diperlukan.

Contoh Perangkat Penyimpanan

  • Harddisk
  • Flashdisk
  • Memory Card

Periferal (Perangkat Tambahan)

Perangkat tambahan berguna dalam membantu komputer menjalankan perintah user.

Contoh Perangkat Periferal

  • Modem

Baca Juga : Contoh Perangkat Keras Komputer Lengkap

Demikian artikel tentang perangkat keras komputer / hardware komputer. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasi sudah berkunjung di website ardanisite.com. jangan lupa klik iklannya hehe. see you

perangkat keras komputer
Next Post

No more post

Seorang pemalas yang suka menulis. Menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Karena Menulis adalah Seni. "Begitu pikiran bekerja tangan bergerak."

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *