Pengertian dan Cara Kerja Simple Queue dan Queue Tree

simple queue dan queue tree

Pengertian dan Cara Kerja Simple Queue dan Queue Tree keduanya sama-sama digunakan untuk melimit bandwidth atau membatasi koneksi download maupun upload tiap user. Jika kamu Seorang admin jaringan anda perlu menerapkan metode ini untuk memberikan pembatasan dalam penggunaan bandwidth.

Pengertian Simple Queue

Simple Queue adalah salah satu metode untuk melimit bandwidth yaitu dengan cara membagi bandwidth dari skala kecil sampai menengah.

Simple Queue digunakan untuk mengatur bandwidth upload dan download tiap user. Jadi admin dapat melimit target user tertentu menggunakan ip address. Selain Ip Address Network address dan interfaces jaringan dapat di atur bandwidth nya menggunakan Simple Queue. Baca Artikel Sains dan Teknologi lainnya.

Simple Queue dapat melimit Upload dan Download secara terpisah, dalam arti lain seorang admin dapat mengatur kecepatan download dan upload sendiri secara berbeda.

Cara Kerja Simple Queue

  • Setiap antrian akan di proses sesuai aturan mula dari yang paling atas sampai yang paling bawah
  • Mengatur aliran paket data secara 2 arah atau bidirectional
  • Membatasi trafik berdasarkan IP Address
  • Satu antrian dapat membatasi trafik 2 arah sekaligus ( Upload / Download )
  • Simple Queue akan di proses lebih dulu di bandingkan Queue Tree, jika digunakan secara bersamaan
  • Mnedukung penggunaan PCQ sehingga dapat membagi bandwidth secara merata
  • Menerapkan antrian yang ditandai melalui paket di firewall mangle
  • Pengaturannya sederhana dan statis

pengertian Queue Tree

Queue Tree adalah salah satu ditur management bandwidth di mikrotik yang sangat fleksible dan cukup komplek. Kebutuhan Queue lebih detail berdasarkan service, protokol, port,dsb.

BACA JUGA :   Apa itu Flowchart ?

Queue Tree menggunakan fitur Firewall Mangle untuk menentukan trafik yang akan di limit. Queue Tree biasanya dipakai pada warnet untuk menentukan antara trafik yang digunakan untuk game online dan browsing di internet. Apa itu Mangle ? Mangle fitur dari mikrotik yang digunakan untuk menandai koneksi maupun paket dari trafik data yang melewati router.

Karena permasalahannya ketika dalam satu jaringan menggunakan 2 akses atau lebih yang berbeda seperti game online dan browsing maksa akan mengganggu satu sama lain. perlu dilakukan manajemen bandwidth untuk mengatasi problem tersebut.

Cara Kerja Queue Tree

  • Setiap antrian akan di proses secara bersama-sama
  • Mengatur aliran data secara 1 arah atau directional
  • Membatasi trafik pei IP dengan pengaturan firewall mange
  • Membedakan trafik download dan upload dengan pengaturan firewall mange
  • Mendukung penggunaan PCQ sehingga dapat membagi bandwidth secara merata
  • Pengaturan antrian melalui paket yang di tandai pada firewall mangle
  • Fleksibel dan butuh pemahaman yang baik di firewall mangle khususnya tentang trafik kontrol

Jadi mana yang lebih baik Simple Queue atau Queue Tree ?

Keduanya mempunyai kegunaannya masing-masing. JIka anda menginginkan konfigurasinya yang simple dan kebutuhannya hanya melimitasi berdasarkan target IP Address atau interfaces maka lebih baik menggunakan Simple Queue.

Sedangkan Jika kebutuhannya lebih komplek dan harus menggunakan mangle maka harus cermat dalam pembuatannya. maka lebih baik menggunakan Queue Tree. Queue Tree bisa melimitasi lebih detail berdasarkan Service, Protokol, Port, dsb.

Baca juga : Cara pengamanan peralatan jaringan

Demikian artikel kali ini mengenai Pengertian dan Cara Kerja Simple Queue dan Queue Tree. Jika anda ingin penjelasan lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi situs Mikrotik.id disana lengkap dengan konfigurasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.