Opini Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Opini : Kurikulum memang harus mengalami pengembangan sesuai dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi dan informasi mendorong pemerintah untuk merancang kurikulum pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan kurikulum diindonesia mengalami banyak perubahan mulai dari awal kemerdekaan indonesia sampai saat ini. Tercatat kurikulum diindonesia sudah mengalami 10 kali pergantian kurikulum pendidikan. Berikut perkembangan kurikulum pendidikan diindonesia :

  1. Rencana Pelajaran 1947
  2. Rencana Pelajaran 1952
  3. Rencana Pelajaran 1964
  4. Kurikulum 1968
  5. Kurikulum 1975
  6. Kurikulum 1984
  7. Kurikulum 1994
  8. Kurikulum 2004, KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
  9. Kurikulum Periode KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran) 2006
  10. Kurikulum Periode 2013 (K13).

Perubahan kurikulum pendidikan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan diindonesia agar lebih baik dan relevan sesuai dengan perkembangan zaman. Perubahan kurikulum pendidikan merupakan hal yang wajar. Bukan hanya diindonesia di negara lain pun juga terjadi perubahan kurikulum pendidikan untuk memajukan pendidikan di negara tersebut. Sesuai dengan tujuan kurikulum tersebut.

Tujuan dibentuknya kurikulum adalah untuk mempersiapkan dan menciptakan peserta didik agar menjadi pribadi serta menjadi warga indonesia yang bermoral, kreatif, beriman dan dapat berguna bagi kehidupan bangsa bernegara.

Meskipun banyak yang pro dan kontra terkait perubahan kurikulum pendidikan diindonesia. Banyak orang yang kontra terkait perubahan kurikulum menandakan sistem pendidikan masih belum jelas karena sering terjadi perubahan kurikulum. Namun, disamping itu perubahan tersebut memang harus dilakukan agar pendidikan diindonesia menjadi lebih baik lagi.

Demikian oponi saya mengenai perkembangan kurikulum diindonesia.

BACA JUGA :   Cara mengaktifkan Hibernate pada Windows 10
Perkembangan Kurikulum di Indonesia
Next Post

No more post

Seorang pemalas yang suka menulis. Menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Karena Menulis adalah Seni. "Begitu pikiran bekerja tangan bergerak."

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.