June 5, 2020
Kesalahan blogger pemula

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Yang Banyak Menghabiskan Waktu

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Yang Menghabiskan Waktu – Apakah kamu sedang merintis sebuah blog?. Apakah kamu ingin menjadi seorang blogger ?. Jika iya semangatt yaa, Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Menjadi seorang blogger memang tidaklah mudah. Harus mempunyai semangat dan tekad yang tinggi. Karena menjadi seorang blogger membutuhkan konsistensi yang tinggi. Kunci kesuksesan seorang blogger yaitu Konsisten.

Biasanya kebanyakan blogger pemula menyerah di tengah-tengah perjalanan. Para blogger pemula biasanya banyak mengeluh pada saat baru memulai sebuah blog. Jujur saya juga mengalami hal tersebut. Tetapi saya punya tekad yang kuat untuk tetap bisa meneruskan blog ini. Walaupun belum bisa konsisten menulis artikel setiap hari.

Mungkin kedepannya saya akan lebih semangat lagi setelah ini. Yang penting semangat dulu dah. Kuncinya semangat semangat dan semangat.

Mengapa blogger pemula banyak yang menyerah karena banyak menghabiskan waktu pada saat memulai sebuah blog. Banyak hal yang harus dilakukan pada saat memulai merintis sebuah blog. Mulai dari optimasi template, Seo, Bikin artikel, dan lainnya.

Apa saja kesalahan blogger pemula yang menghabiskan banyak waktu?

Oke langsung saja ke topik pembahasannya.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Yang Banyak Menghabiskan Waktu

1. Sibuk Mengatur Tampilan Blog

Siapa sih yang tidak ingin tampilan blog nya keren ? Semua blogger pasti menginginkan tampilan blognya keren dan menarik.

Tidak bisa dipungkiri, Pada saat memulai membuat blog yang di optimasi pertama kali yaitu tampilan blog itu sendiri. Hingga gonta-ganti template mencari mana yang dikira cocok.

Berlimpahnya template atau tema sampai membuat kita bingung pilih template yang mana. Apalagi jika anda menggunakan WordPress banyak tersedia template yang bis digunakan secara gratis maupun yang premium sekaligus.

Sedikit cerita, Dulu saya mencari tema yang cocok untukk blog saya sampai sehari ganti beberapa tema. Setiap hari ganti tema karena kurang merasa puas.

BACA JUGA :   Cara daftarkan Blog ke Google Search Console agar cepat terindex google

Setiap melihat tema/tempalte baru saya berfikir “oh ini kayaknya bagus, setelah di pasang ya biasa saja-_” Namun setelah berlangsung beberapa hari akhirnya saya sadar kegiatan ini menghabiskan waktu saja.

Selain mengabiskan waktu, sering mengganti template akan berpengaruh juga pada visitor blog anda.

Padahal Content is king, Konten yang menarik dan berkualitas yang mendatangkan visitor atau pengunjung ke blog anda. Meskipun tampilan blog yang cantik juga bisa membuat blog anda tamak profesional dan membuat mereka betah. Sekaligus menjadikan kepuasan tersendiri kalo blog nya keren.

Untuk itu pilihlah template atau tema yang cocok untuk blog anda. Jangan suka gonta-ganti template.

2. Terlalu Sibuk di Sosial Media

Setelah mempublikasi sebuah konten biasanya seorang blogger akan share artikel nya di sosial media. Sosial media memang salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung sekaligus memperkenalkan blog anda kepada orang lain.

Namun Sosial media bisa mengganggu kontentrasi anda. Anda akan asik dan larut bersosial media hingga lupa membuat konten.

Selain itu kebiasaaan para blogger pemula yaitu seringkali melakukan blogwalking kepada sesama blogger di sosial media dengan tujuan saling mendapatkan trafik.

Hal tersebut menurut saya sangat menghabiskan waktu. Mending waktu tersebut dibuat untuk menulis artikel. Jika artikel anda bagus orang pasti akan datang kok ke blog anda. Tidak perlu melakukan blogwaking setiap harinya hanya untuk mendapatkan trafik yang tidak original.

3. Sering Memeriksa Statistik Blog

Bukan hanya para pemula saja. Semua blogger pasti seringkali melihat statistik blog nya. Saya sendiri pun setiap kali membuka dashboard blog, pertama yang saya lihat yaitu statistik blog.

Memeriksa statistik blog memang menyenangkan. Terutama bagi blog baru yang trafiknya mulai berkembang lebih baik. Jika trafik nya berkembang naik akan membuat kita menjadi semangat lagi untuk menulis.

Namun jika sebaliknya setelah memeriksa statistik blog melihat trafik nya tidak mengalami perkembangan pasti akan berpengaruh ke mental anda. Biasanya akan menjadi malas untuk menulis. Berfikir pesimis.

Ingat! Fokus konten mu terlebih dahulu. Content is king. Jangan sampai malas ngeblog hanya karena melihat trafik tak kunjung naik.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil”

4.SEO

Semua blogger menginginkan artikelnya berapa di halaman pertama google. Dengan dihalaman pertama googlfe atau page one google pastinya akan mendapatkan trafik yang tinggi.

Untuk itu perlunya kita belajar teknik SEO. Namun bagi seorang blogger pemula tidak mudah untuk belajar memahami teknik SEO. mengingat banyak sekali teknik SEO mulai dari SEO on page hingga SEO off page.

Dulu saya sampai frustasi belajar SEO. Baca sana sini artikel tentang SEO lalu dipraktekkan. Setelah saya pikir-pikir menulis artikel dengan menggunakan kaidah SEO terlihat sangat aneh kata-kata nya. Banyak sekali kata yang dipaksakan karena harus memasukkan keyword didalam artikel tersebut.

Jadi menulis tidak menyenangkan lagi.

Saat ini saya tidak telalu berfokus ke SEO. Saya hanya melakukan teknik SEO dasar saja seperti judul yang menarik, permalink dengan keyword, optimasi gambar, menmbangun internal link. Karena saya yang Content is king.

5. Membuat Banyak Blog Sekaligus

Nah ini banyak saya temui pada teman-teman blogger saya. Setiap saya tanya bro punya blog berapa ? kebanyakan mereka tidak hanya mempunyai satu blog saja.

Kenapa buat blog banyak-banyak bro ?

Macam-macam jawabannya.

A : Setiap blog niche nya beda-beda bro.

B: Buat di ternak bro. Nanti bisa dijual kalo sudah approve.

C: Gini bro, kalo 1 blog kita menghasilkan 10 ribu perhari, nah kalo 10 blog dikali sebulan banyak bro hasilnya.

Mempunyai banyak blog sebenernya bagus. Toh ya blog itu investasi jangka panjang. Namun anda akan sangat kewalawan mengurus blog tersebut dikemudian hari.

Jika kamu seorang peternak blog okelah bikin blog yang banyak. Buat dijual.

Sebenarnya ini yang menjadi dilema para blogger pemula. Saya sendiri pun begitu dulu mempunyai banyak blog. Tapi saya sangat kewalahan tidak bisa mengurusnya dan hanya membuang-buang waktu saja. Akhirnya saya memutuskan fokus pada satu blog. Ardanisite.com

6. Terlalu Fokus Pada Hal Teknis

Content is king!. Awal membangun sebuah blog yaitu utamanya menulis sebuah konten. Dilema pada blogger pemula yaitu terlalu fokus pada hal teknis. Seperti optimasi page speed, Edit tema terus-menerus, Install-install plugin bagi yang pakai wordpress, cek DA PA Sdan lain sebagainya.

Fokus Konten!. Jangan terlalu fokus pada hal teknis. Ada kalanya kita fokus pada hal teknis tersebut. Namun yang paling utama yaitu menulis konten yang berkualitas.

7. Terlalu Fokus Promosi

Kebiasaan blogger pemula yaitu seringkali melakukan promosi yang berlebihan. Share sana sini untuk mendapatkan trafik. Sebenarnya kegiatan tersebut akan menghabiskan waktu anda.

Promosi boleh tapi sekali saja, Jangan terlalu banyak share di sosial media karena akan di anggap spam. Fokus saja pada kontenmu.

Saya sendiri saat ini jarang sekali melakukan promosi. Promosi juga sama saja tidak ada yang berkunjung ke blog saya jika hanya promosi di sosial media. Jadi saya pikir kegiatan tersebut sangat membuang-buang waktu.

Ingat! Content is King!

Penutup

Ngeblog pada dasarnya yaitu menulis sebuah artikel untuk di publikasi di blog kita. Jadi fokuslah pada konten anda. Fokus anda jangan sampai teralihkan ke hal-hal yang dapat menyita waktu anda. Kunci kesuksesan menjadi seorang blogger yaitu konsisten. Agar tetap sekalu konsisten menulis diperlukan semagat yang tinggi. Semangat! Sukses Selalu!

Demikian artikel tentang kesalahan blogger pemula yang menghabiskan banyak waktu. Semoga bermafaat bagi anda semua. Terima kasih sudah berkunjung. Suksek selalu.

Artikel Yang Relevan :

“Kunci Kesuksesan Seorang Blogger Yaitu Konsisten”

Sumber : bisablog.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.