Jenis-jenis blog berdasarkan kategorinya kamu yang mana ?

jenis-jenis blog

Ardanisite – Hi Sobat blogger Jenis-jenis blog berdasarkan kategorinya wajib anda ketahui sebelum menjadi seorang blogger kalian harus mengetahui jenis blog apa yang akan kalian buat. Jika anda adalah seorang yang bergerak dibidang web desaigner pastinya kalian wajib memahami beberapa jenis blog. karena kalian akan membuat sebuah blog sesuai keinginan dari konsumen. beberapa macam blog berdasarkan konten ataupun berdasarkan platform dan lainny akan saya bahas pada postingan kali ini.

Apa itu blog ?. Sebelum ke pembahasan lebih lanjut alahkah baiknya kita memahami terlebih dahulu. Menurut Wikipedia Blog merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Blog singkatan dari web log. Situs blog biasanya berisi tulisan yang ditulis oleh seorang blogger dengan topik dan judul yang berbeda-beda sesuai dengan konten dari sebuah blog itu sendiri.Situs blog pada umumnya dapat diakses oleh semua orang melalui jaringan internet.

Jenis-jenis blog berdasarkan Konten atau isinya

1. Niche Blog

Niche blog merupakan blog yang ditulis oleh seorang blogger dimana konten blog tersebut mempunyai tema atau topik yang spesifik. Jadi hanya membahas 1 topik saja. misal blog pendidikan, jadi pada setiap postingan yang ada dalam blog tersebut semuanya berhubungan dengan pendidikan. berbagai macam conoh Niche blog seperti :

  • Blog Pendidikan => Yaitu blog yang membahas seputar pendidikan biasanya konten niche blog pendidikan dibuat orang yang kesehariannya bekerja di bidang pendidikan kemudian di membagikan pengalamannnya melalui blog dengan niche pendidikan.
  • Blog Fashion => Yaitu blog yang membahas tentang fashion masa kini. misal trend rambut jaman sekarang, trend pakaian jaman sekarang bisa di masukkan kedalam konten niche blog fashion ini.
  • Blog Bisnis => Yaitu blog yang bergerak kedalam bisnis untuk penjualan. karena sebuah blog merupakan metode pemasaran yang efektif untuk digunakan menawarkan produk penjualanya.
  • Blog Kesehatan => Yaitu Niche blog tentang kesehatan pastinya. Niche blog yang satu ini paling disukai oleh google. Katanya konten dengan niche blog kesehatan paling mudah untuk di terima oleh google adsense.
  • Blog Teknologi => Yaitu niche blog tentang teknologi dan informasi tentunya. semakin pesatnya teknologi saat ini pastinya orang banyak yang bergelud dibidang teknologi dan membagikan pengalamannya melalui blog. niche blog yang satu ini paling sering kita kunjungi.
  • Dan masih banyak lagi
BACA JUGA :   Pengertian dan Cara Kerja Simple Queue dan Queue Tree

2. General Blog

Generah blog atau yang biasa para sobat blogger kenal dengan blog gado-gado. General blog atau blog gado-gado yaitu blog yang berisi bermacam-macam topik pembahasan. tidak hanya berfokus pada satu topik saja melainkan bisa 3 sampai 4 topik yang dibahas didalam blog tersebut.

Baca juga : Cara cek blog apakah sudah diindex google

Jenis-jenis blog berdasarkan Penyedia layanannya

1. Blog gratis

Blog gratis yaitu blog gratis yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanan. biasanya blog gratis ini domain nya ada nama dari pralform penyedian blog gratis itu sendiri. beberapa penyedia layanan blog gratis yang paling populer seperti : Blogspsot.com, WordPress.com. jika menggunakan blogspot makanama domain kita akan menjadi seperti Namadomain.blogpsot.com (Ardanisite.blogspot.com). Sebaliknya juka menggunakan layanan wordpress maka nama doamainnya akan ada wordpress nya. Contoh : Ardanisite.wordpress.com

Baca juga : Cara membuat sitemap di Google Search Console

2. Self Hosting Blog

Self Hosting blog yaitu blog yang dibuat menggunakan domain dan hosting sendiri, dimana domain dan hosting tersebut bisa kita dapatkan dengan membeli dari layanan penyedian domain dan hosting tersebut. Blog hosting biasanya digunakan oleh sorang blogger agar blog nya terlihat seperti profesional karena nama domainnya menggunakan (.com, .net, .co.id, .id, dan masih banyak lagi). Beberapa penyedia hosting yang populer seperti Rumah web, Domainesia, idhostinger, dan lain sebagainya. Domain dengan nama sendiri ini juga disebut degan Top Level Domain (TLD).

3. Micro Blog

Micro blog adalah blog yang jumlah katanya sedikit, biasanya tidak lebih dari 200 kata. Microblog lebih dikenal dengan sebutan Microblogging. Situs Microblogging antara lain Twitter, LInkedIn, Facebook.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)

BACA JUGA :   Cara login ke dashboard wordpress menggunakan User baru

Blog perusahaan atau Corporate Blog adalah jenis blog yang berisi tentang perusahaan tersebut. Blog perusahaan adalah jenis blog didalam website. Website perusahaan biasanya menampilkan profil tentang perusahaan tersebut.

5. Citizen Journalism Blog

Citizen Journalism blog adalah blog yang semua tulisan didalam blog tersebut dibuat oleh warga biasa yagng disediakan oleh media online komersial. Contoh Jenis blog ini adalah Kompasiana milik kompas dan Blogdetik milik detik.com

Jenis jenis blog berdasarkan Formatnya

1. Phlog atau Photoblog

Phlog atau Photoblog adalah blog yang kontennya berisi gambar-gambar saja. Contoh blog Phlog yang paling populer yaitu shutterstock.com, pixabay.com. dan masih banyak lagi.

2. Vlog atau Video Blog

Vlog atau Video blog adalah blog yang berbentuk video. Saat ini vlog sangat populer. situs vlog yang paling populer saat ini yaitu youtube. di youtube kita dapat mengupload video agar dapat dilihat oleh orang lain juga. Vlog sangat di efektif digunakan untuk membagikan keseharian kita kepada orang. Vlog bukan hanya untuk membagikan keseharian kita melainkan kita juga bisa membuat materi seperti di blog tetapi dengan menggunakan video kita secara langsung, jadi lebih mudah untuk difahami.

3. Audioblog

Audioblog adalah blog yang konten utamannya berupa musik. Contoh situ Audioblog yaitu JOOX, Spotify, dll.

4. Spamblog (Spol) atau bog pengganggu

Blog jenis ini adalah blog yang paling tidak disukai oleh para blogger. karena blog ini pemiliknya sering “Blogwalking” dan berkomentar dengan meninggalkan link hidup atau link aktif.

Demikian artikel kali ini Jenis-jenis blog berdasarkan kategorinya, sebenarnya masih banyak kategori blog yang lainnya, namun saya ambilkan point-point penting nya saja. Mungkin bisa saya bahas di postingan selanjutnya. silahkan kalian cari referensi yang lainnya lagi menurut versi dari situs lain. ini adalah versi menurut saya pribadi, jika ada perbedaan mohon dimaafkan. sesungguhnya manusia adalah tempat salah dan dosa. anjae.

Kalau ada sumur diladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau ada umur yang panjang

Boleh lah kunjungi blog ini lagi

Ardanisite

5 Replies to “Jenis-jenis blog berdasarkan kategorinya kamu yang mana ?

  1. Hey ϳust wanted to give ʏou a quick heads
    up and let you know a few of tһe pictures aren’t loaɗing correctly.
    I’m not surе why but I thіnk its a linking issue. I’ve tried it in two diffеrent
    web browѕers and both ѕhow thе same outcome.

Leave a Reply

Your email address will not be published.