June 5, 2020
domain expired

Bagaimana Jika Domain Expired Sudah Tidak Diperpanjang Lagi ?

Bagaimana Jika Domain Expired Sudah Tidak Diperpanjang Lagi ? – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengetahui domain kapan expired atau kadaluarsa. Pada artikel kali ini kita membahas bagaimana jika domain sudah expired ?

Domain biasanya mempunyai masa aktif selama 1 tahun. Namun ada juga yang memiliki masa aktif 2 hingga 10 tahun. Lalu bagaimana jika domain tersebut habis masa aktif nya dan pemilik domain tidak memperpanjang domain tersebut ?

Domain yang sudah expired tidak bisa langsung diregistrasi oleh orang lain secara langsung. Domain dapat didaftarkan kembali setelah 80 hari setelah domain tersebut expired.

Jadi seandainya anda menginginkan domain yang bagus tapi sudah expired. Anda harus cek terlebih dahulu apakah sudah sudah 80 hari. Setelah 80 hari baru anda bisa meregistrasi kembali.

Mengapa sebuah domain yang sudah Expired setelah 80 hari baru bisa di registrasi ?

Karena domain tersebut akan melalui beberapa tahapan sebelun bisa digunakan atau available. Ada 3 tahapan yang dilalui yaitu Renewal Grace Period, Redemption Grace Period, dan Pending Delete.. Berikut penjelasan dari ketiga tahapan tersebut antara lain :

1. Renewal Grace Period.

Tahapan ini merupakan tahapan pertaman yang dilalui setelah domain expired. Tahapan ini biasanya berlangsung selama 1 bulan. Tahapan ini bisa dikatakan masa tenggang pemikil domain merenew domain atau memperpanjang masa domain.

Note : Memperpanjang domain yang sudah expired akan lebih mahal dari harga perpanjangan yang sebenarnya.

2. Redemption Grace Period.

Jika pada tahapan renewal grace period pemilik domain tidak memperpanjang masa aktif domain. Maka, akan masuk ketahapan Redemption Grace Period yaitu tahapan dimana domain di hapus oleh registrar. Domain sudah tidak bisa diakses dan tidak diparkir. Namun pemilik domain masih bisa mendaftarkan ulang namun dengan biaya yang lebih mahal (10 x lipat) dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari untuk sebagian besar ekstension.

BACA JUGA :   Pengertian Access Point adalah

3. Pending Delete.

Tahapan ini merupakan tahapan dimana domain akan siap di gunakan oleh orang lain. Masa pending delete terjadi 5 hari dan biasanya pada hari ke 7 domain sudah dapat di daftarkan kembali seperti domain baru.

Kesimpulan :

Jika domain sudah expired dan sudah tidak diperpanjang lagi oleh pemilik domain akan melalui 3 tahapan sebelum domain tersebut dapat digunakan atau di daftarkan kembali seperti domain baru.

Demikian artikel Bagaimana Jika Domain Expired Sudah Tidak Diperpanjang Lagi ?. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Thanks fot visit…

Mau Cari Apa Lagi ?

Artikel Menarik :

Leave a Reply

Your email address will not be published.