Cara mudah Membuat Subdomain di Cpanel

Cara membuat subdomain di cpanel

Cara membuat subdomain di cpanel – Pada kesempatan postingan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat subdomain di cpanel dengan mudah.

Apa itu Subdomain ?

Subdomain adalah ekstensi dari sebuah domain. Subdomain memiliki fungsi yang terpisah dari domain utamanya, jadi kita dapat menginstal website sendiri pada Subdomain tersebut. Contoh format Subdomain : blog.namadomain.com. (contoh : blog.ardanisite.com).

Baca Juga : Cara login Ke dashboard WordPress Menggunakan User baru

Subdomain berguna jika anda memiliki banyak niche di blog anda kemudian anda bisa membaginya menjadi beberapa blog misalnya niche teknologi anda bisa membuat subdomain teknologi.namadomain.com. dan lainnya.

Syarat untuk membuat Subdomain

Tidak semua web bisa membuat subdomain. jika blog anda dibuat menggunakan blogger anda tidak bisa membuat subdomain. jika anda ingin membuat subdomain syarat nya anda harus mempunyai hosting sendiri. anda bisa membeli hosting dari penyedia hosting seperti rumahweb, domainesia, dan lainnya.

Cara mudah membuat Subdomain di cpanel

1. Masuk ke akun cpanel hosting anda. ( alamat masuk cpanel : namadomain/cpanel )

login ke cpanel
login ke cpanel

2. kemudian pilih pada bagian menu Domain di cpanel, lalu pilih Subdomain.

menu subdomain di cpanel
menu subdomain di cpanel

3. Setelah masuk pada halaman subdomain silahkan masukkan nama Subdomain yang anda inginkan. contoh blog.namadomain.com. maka anda hanya cukup memasukkan blog pada kolom Subdomain.

membuat subdomain di cpanel
membuat subdomain di cpanel

4. Pada kolom Document Root merupakan folder dari subdomain yang anda buat.

5. Kemudian pilih Create untuk membuat Subdomain.

6. Maka anda sudah berhasil membuat Subdomain.

7. Bisa juga anda melihat di cpanel pada bagian menu Subdomain. maka akan terdapat subdomain yang anda buat tadi.

BACA JUGA :   7 recomendasi Hp 2 jutaan terbaik saat ini
subdomain
subdomain

Setelah berhasil silahkan anda cek sundomain yang anda buat blog.namadomain.com. maka akan tampilannya akan seperti dibawah.

cek subdomain
cek subdomain

Silahkan anda upload file di folder subdomain anda di File Manager > Publik Html > Nama folder subdomain anda. maka ketika anda membuka subdomain anda akan muncul file yang anda upload itu. anda juga menginstal wordpress juga pada subdomain. cara nya sama saat menginstal wordpress di domain utama anda hanya diubah penempatan foldernya.

Baca Juga : Cara Membuat Email di Android

Kesimpulan

Cara membuat subdomain sangat mudah hanya membutuhkan beberapa langkah saja, namun jika anda ingin membuat subdomain syaratnya anda harus mempunyai self-hosting sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.