Bagaimana cara Mengatasi laptop lemot ? apa penyebabnya

mengatasi laptop lemot

Ardanisite – Apakah laptop anda sudah terasa lemot ? bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Sebelum mengatasi agar laptop tidak lemot kita harus ketahui terlebih dahulu penyebab laptop menjadi lemot.

Bagi anda yang bekerja menggunakan laptop pastinya sudah sering mengalami hal ini. saat bekerja tiba-tiba Laptop lemot dapat membuat kita menjadi stress. apalagi sudah ada deadline dan laptop anda secara tiba-tiba Not Responding hanya muter-muter terus.

Keadaan tersebut sangat membuat kita menjadi stress. karena kamu dikejar deadline kemudian tidak sabar untuk membuka aplikasi. karena di buka sekali belom terbuka lalu biasanya melakukan spamming buka apikasi tersebut. Alhasil laptop tidak mampu meload nya secara cepat, malahan bisa menyebabkan hang.

Pastinya sangat menyebalkan sekali jika mengalami laptop menjadi lemot saat sedang bekerja. Untuk menghindari hal tersebut perlu mengoptimalkan kinerja laptop anda. Sebelum mengoptimalkanya kita haru mengetahui dulu apasih yang menyebabkan laptop kita lemot.

Apa yang Penyebab laptop lemot ?

1. Harddisk Tua

Harddisk yang sudah lama atau sudah tua merupakan penyebab laptop lemot. karena harddisk memiliki batasan usia. jadi anda perlu mengganti harddisk tersebut.

Menurut Winpoin.com Harddisk yang sudah berumur 3 tahun sebaiknya anda melakukan backup karena sudah memasuki umur kritis. Menurut penelitian umur harddisk dapat bertahan hingga 10-20 tahun namun juga ada yang sampai 30 tahun

2. Harddisk Penuh

harddisk laptop yang penuh merupakan salah satu penyebab laptop anda menjadi lemot. Jika ruang harddisk terpakai lebih dari 95% maka akan membuat laptop menjadi lemot dikarenakan tidak ada ruang untuk memproses data sistem dan akan mempengaruhi kinerja dari harddisk itu sendiri.

3. Banyak mengintall aplikasi

Jika banyak aplikasi yang terinstall pada laptop akan menyebabkan ruang penyimpanan laptop atau penyimpanan harddisk menjadi penuh. Mungkin jika laptop tidak masalah jika kapasitas harddisk laptop anda besar atau menggunakan SSD.

4. Banyak menjalankan aplikasi atau Multitasking

Jika kita kamu terlalu banyak membuka aplikasi atau multitasking akan menyebabkan laptop menjadi lemot. jika kapasitas RAM laptop tidak memadahi. makan akan membebani kinerja Ram. Apalagi jika multitasking aplikasi yang berat seperti photoshop, Coreldraw, dll maka akan memakan banyak penggunaan RAM dan menyebabkan laptop menjadi lemot atau bahkan bisa hang.

5. Banyak program startup yang berjalan

Jika laptop anda terinstall banyak aplikasi pastinya beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis saat mulai menyalakan laptop. Makin banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat booting maka akan membuat laptop anda menjadi semakin lemot.

BACA JUGA :   Tata cara pengamanan peralatan jaringan lengkap

6. Terlalu banyak membuka tab browser

Berselancar diinternet dapat meningkatkan wawasan kita. Ketika kita mencari informasi diinternet sering membuka banyak tab di browser. karena itu akan memakan penggunan Ram. Membuka tab pada browser sama saja membuka aplikasi browser yang baru jadi sama seperti multitasking.

7. Banyak Add-ons

terlalu banyak menambahkan Add-ons pada browser akan memberatkan kinerja prosesor sehingga menjadi penyebab laptop berjalan lambat atau lemot. Add-ons adalah fitur yang di tambahkan dalam sebuah browser seperti Ekstensi dan tema pada browser.

8. Terinfeksi Virus

Virus merupakan musuh utama bagi sistem. Virus dapat menyebabkan kinerja laptop kita menjadi lambat. Virus juga dapat merusak atau bahkan melumpuhkan sistem operasi yang kita gunakan. Virus juga dapat merusak file-file penting anda.

Virus dapat berasal ketika kalian searching diinternet atau dari menginstall aplikasi sembarangan. atau bisa juga dari flasdisk karena kamu sembarangan mencolokkan flashdisk ke laptop. Untuk itu kamu harus waspada terhadap file yang mencurigakan agar laptop anda terhindar dari virus.

9. Kapasitas RAM kecil

Kapasitas RAM sangat berperan penting terhadap kinerja dari laptop kalian. Seluruh aplikasi dan sistem yang berjalan menggunakan laptop. Ram digunakan untuk menyimpan data sementara pada saat laptop atau komputer menjalankan sebuah aplikasi atau program.

Semakin banyak anda menjalankan aplikasi aplikasi atau program maka akan semakin banyak yang yang dibutuhkan. Untuk itu jangan pasksakan laptop jika kapasitas Ram kecil karena akan menyebabkan laptop menjadi lemot jika dipaksakan.

10. Jarang melakukan update windows

Sistem operasi yang sudah usang juga menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Updatelah secara berkala sistem operasi anda agar tidak menjadi usang dan dapat memperbaiki bug atau kekurangan serta meningkatkan keamanan dari sistem operasi tersebut.

11. Hardware bermasalah

Hardware bermasalah juga dapat menyebabkan lapto lemot. misal Fan laptop kotor, Thermah paste prosesor habis maka laptop akan cepat membuat laptop menjadi panas. Maka perlu anda memborkar laptop anda untuk membersihkah hardware pada laptop.

Setelah mengetahui penyebab laptop menjadi lemot perlu adanya tindakan untuk mencegah atau mengatasi agar laptop kembali berjalan normal kembali. Untuk itu simak cara mengatasi laptop lemot di bawah.

Cara mengatasi agar laptop tidak lemot

1. Uninstal Aplikasi yang tidak digunakan

Seperti yang saya jelaskan diatas banyak nya aplikasi yang terinstal di komputer atau laptop dapat mempengarui kinerja dari laptop. Untuk jangan install aplikasi sembarangan. Jika aplikasi tersebut tidak digunakan sebaiknya di uninstall saja.

Dengan mengunintal aplikasi akan memberikan ruang lebih pada harddisk anda terutama pada disk C. jika penyimpanan disk C penuh maka akan mempengaruhi pada pembacaan sistem pada harddsik menjadi lama dan laptop emnjadi lemot.

BACA JUGA :   Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau pc

2. Install Antivirus

Virus menjadi penyebab laptop menjadi lemot. untuk mengatasi hal tersebut perlu menginstall Antivirus untuk memproteksi penyebaran virus pada laptop.

Gunakan Antivirus satu saja, karna jika menginstall beberapa antivirus juga menyebabkan laptop lemot. Jika antivirus terlalu aktif atau agresif juga menyebabkan lapto menjadi lemot. untuk itu Pilihlah antivirus yang terbaik. banyak sofware antivirus seperti Smadav, Eset, dan lainnya.

3. Bersih-bersih sampah

Banyaknya sampah yang menumpuk di laptop anda akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Bersikanlah file-file sampah pada laptop anda seperti di recycle Bin dan fila sampah lainnya.

Gunakanlah sofware pembersih sampah untuk membantu anda. banyak aplikasi pembersih sampah sepert CC cleaner, Glary Utility, dan lainnya.

4. Batasi Aplikasi Startup

Aplikasi yang mulai secara otomatis atau startup saat laptop pertama kali dihidupkan sama mempengaruhi kecepatan laptop anda. Untuk itu perlu dibatasi aplikasi startup tersebut.

Cara mematikan aplikasi startup kalian buka task manager pilih pada tab startup. Silahkan di disable aplikasi yang ingin dimatikan startup nya dengan cara klik kanan lalu disable.

5. Matikan Efek Animasi visual

Pada windows 10 banyak sekali efek animasi visual yang berjalan. memang animasi visual tersebut membuat efek-efek tampilan menjadi mulus dan halus. seperti efek saat membuka aplikasi akan menjadi halus saat membukanya.

Tetapi jika efek animasi visual tersebut menggunakan RAM. Jika RAM laptop anda kecil akan membuat laptop menjadi lemot. untuk itu silahkan animasi visualnya jika laptop anda terasa berat jika menggunakan efek-efek tersebut.

Cara mematikannya : masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kalian bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan.

6. Upgrade RAM

Kapasitas Ram sangat mempengaruhi kinerja dari laptop itu sendiri. Semua aplikasi yang berjalan di depan ataupun dilatar belakang menggunakan penyimpanan semenatara atau Ram. Jika memori RAM kita kecil maka akan membuat laptop menjadi lemot jika kita membuka banyak aplikasi.

7. Upgrade Harddisk ke SSD

Jika anda menginginkan kecepatan data pada laptop anda maka silahkan ganti harddisk anda dengan SSD. karena SSD mempunyai kecepatan data yang lebih tinggi dibandikan dengan HDD.

Dengan menganti HDD ke SSD dipadukan dengan penambahan kapasitas RAM akan memberikan perubahan yang signifikan. Tetapi Prosesor dan lainnya juga harus balance agar tidak terjadi Bootleneck.

8. Defrag Harddisk pada laptop

Defragmetasi pada harddisk berguna untuk menata kembali data-data pada harddisk yang berantakan akan menumpuk dan membuat laptop menjadi lambat. menDefrag harddisk perlu dilakukan untuk menyatukan kembali pecahan-pecahan data yang terpecah. Banyaknya cache dari aplikasi yang ersimpan pada laptop akan mempengaruhi kinerja dari laptop.anda bisa melakukan defrag menggunakan sofware atau menggunakan fitur yang disediakan windows.

BACA JUGA :   Cara mengetahui sebuah blog dibuat menggunakan Wordpress atau Blogger

9. Membersihkan komponen Hardware

Laptop lemot bisa disebabkan oleh hardware. Untuk itu perlu anda membongkar laptop anda untuk membersihkan komponen-komponen hardware laptop. Pembersihan komponen hardware laptop perlu dilakukan karena akan banyak sekali debu dan dapat menyebabakn laptop menjadi panas sehingga membuat leptop menjadi lemot.

10. Install Ulang Sistem Operasi

Jika Langkah diatas belom berhasil mungkin laptop anda saatnya untuk diinstall ulang. Laptop yang sudah berusia lama tidak hanya mempengaruhi kinerja dari hardware saja, tetapi juga sofware. Jika Sistem Operasi jarang di update maka akan banyak sistem yang tidak berjalan dengan baik.

Untuk itu Update lah secara berkala sistem operasi anda. jika sekiranya butuh diinstall ulang silahkan install ulang sistem operasi agar menjadi fresh kembali dan memperbaiki file sistem yang Crash.

11. Di Lem Biru ( Dilempar beli baru)

Cara mengatasi laptop lemot yang paling ampuh yaitu mengupgrade laptop anda dengan membeli yang baru ke versi yang lebih tinggi. Jika anda punya uang lebih silahkan beli saja laptop yang baru yang spesifikasinya tinggi jika ingin menggunakan laptop yang lancar jayaa.

Rangkuman

Penyebab Laptop menjadi Lemot

  1. Harddisk Tua
  2. Harddisk Penuh
  3. Banyak mengintall aplikasi
  4. Banyak menjalankan aplikasi atau Multitasking
  5. Banyak program startup yang berjalan
  6. Terlalu banyak membuka tab browser
  7. Banyak Add-ons
  8. Terinfeksi Virus
  9. Kapasitas RAM Kecil
  10. Jarang melakukan update windows
  11. Hardware bermasalah

Cara mengatasi laptop lemot pada Windows

  1. Uninstal Aplikasi yang tidak digunakan
  2. Install Antivirus
  3. Bersih-bersih sampah
  4. Batasi Aplikasi Startup
  5. Matikan Efek Animasi visual
  6. Upgrade RAM
  7. Upgrade Harddisk ke SSD
  8. Defrag Disk pada laptop
  9. Membersihkan komponen Hardware
  10. Install Ulang Sistem Operasi
  11. Beli Laptop baru

Demikian artikel mengenai penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot . Semoga dapat membantu memperlancar laptop anda kembali. jika anda masih ada cara untuk mempercepat kinerja laptop silahkan tulis di kolom komentar. berbagi itu indah. oh ya jangan lupa subscribe blog saya ya biar bisa dapat updatetan artikel terbaru dari blog saya. Terima kasih sudah berkunjung…

Baca juga lainnya

  1. Cara gampang melihat Spesifikasi laptop pada windows
  2. Cara membuat password gambar pada windows
  3. Cara menghemat penggunaan kuota tethering pada windows

4 Replies to “Bagaimana cara Mengatasi laptop lemot ? apa penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.