Cara membuat sitemap di Google Search Console

Google Search Console

ArdanisiteHi Sobat, Pada postingan kali ini saya ingin melanjutkan artikel yang sebelumnya yaitu cara membuat sitemap di Google Search Console. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara mendaftar dan memverifikasi website atau blog di Google Search Console. Sebelum anda membaca postingan kali ini, anda bisa baca postingan yang sebelumnya. Jika anda sudah mendaftarkan situs anda ke Google Search Console maka langkah selanjutnya yaitu anda harus mengirimkan sitemap ke Google Search Console agar Google robot Google dapat mengindex semua postingan kita. Untuk itu silahkan Baca dulu : Cara Daftar ke Google Search Console

Apa itu Sitemap atau Peta Situs ?

Sitemap atau peta situs adalah salah satu alat bantu untuk webmaster guna mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website ke mesin pencari Google. Dengan demikian, mesin google dapat dengan mudah menjelajahi dan meraih halaman-halaman atau URL beserta dengan konten-konten seperti text, video atau gambar yang ada di dalam website.

Cara membuat Sitemap atau Peta situs di Google Search Console

  1. Masuk ke beranda Google Search Console
  2. Kemudian di menu sebelah kiri pilih pada bagian Peta Situs .
  3. lalu tambahkah “Sitemap.xml” lalu kirimSubmit Sitemap
  4. Jika berhasil maka statys nya Sukses dan akan di termukan jumlah Url di situs kita. (jika status nya belum sukses di tunggu saja).
BACA JUGA :   Cara cek blog terindex google dan tips agar cepat terindex
cara submit sitemap
cara submit sitemap

5. Selesai. Kita sudah berhasil mengirim peta situs atau sitemap.

Begitulah cara membuat sitemap di google search console. Jika kalian mengikuti langkah-langkah nya dengan benar maka dipastikan anda akan berhasil membuat Sitemap atau Peta Situs di Google Search Console.

Cara agar Semua artikel kita cepat diindex oleh Google

Jika Google belum juga mengindex artikel kita, bisa dengan melakukan langkah ini agar google bisa cepat mengindex artikel kita. langkah nya cukup mudah kalian hanya perlu mengcopy url artikel anda, lalu masuk pada menu Inspeksi Url pada Google Search Console lalu pastekan Url kalian kemudian Enter. Maka google akan memprioritaskan Url tersebut untuk diindex terlebih dahulu. lakukan pada semua postingan kalian. cara cek blog yang sudah terindex google

Inspeksi URL

Lalu bagaimana jika kita ingin mengindex ulang setelah melakukan perubahan pada website kita ?

Jika halaman blog kita sudah terindex dan kita baru saja melakukan perubahan pada blog kita maka kita bisa meminta Google Search Console untuk mengindex ulang. Langkah nya seperti diatas kemudian klik Minta Pengindekan. maka Google Search Console akan melakukan pengindeksan ulang.

INDEKS ULANG

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai apa itu Google Search Console dan cara menggunakannya. Google Search Console memiliki banyak manfaat untuk perkembangan website Anda. Dengan Google Search Console, Anda bisa mendapatkan data akurat mengenai kata kunci, keamanan, hingga kinerja website di hasil pencarian. Jadi pastikan website Anda terdaftar di Google Search Console. Setelah blog kalian dinndex oleh google maka langkah anda selanjutnya yaitu mendapat kan visitor atau pengunjung blog anda. Tips Meningkatkan Visitor Blog. Semoga bermanfaat.

One Reply to “Cara membuat sitemap di Google Search Console”

Leave a Reply

Your email address will not be published.