Materi Algortima, Flowchart, dan Pseudocode

materi algoritma

Pada postingan kali ini saya akan berbagi materi Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode. Materi ini merupakan materi dasar algoritma. Pada artikel ini kita akan membahas pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan contohnya.

Algoritma

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Ciri-ciri Algoritma

Beberapa ciri-ciri algoritma diantaranya yaitu :

  • Ada Input : yaitu permasalahan yang dihadapi dan akan dicarikan solusinya. Algoritma memiliki nilai nol atau lebih input (masukan).
  • Ada Proses : yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan akhir.
  • Ada Output : yaitu solusi atau tampilan akhir yang didapatkan dari suatu algoritma. Algoritma memiliki minimal satu output.
  • Ada intruksi-intruksi yang jelas dan tidak ambigu : yaitu instrukti yang jelas dalam algoritma sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menghasilkan output.
  • Ada tujuan akhir yang dicapai : yaitu akhir dari program dimana program akan berhenti ketika tujuan akhir telah tercapai.

Flowchart

Pengertian Flowchart

Flowchart Adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu.

Tujuan Membuat Flowchart

  • Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah.
  • Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas.
  • Menggunakan simbol-simbol standar.

Pseudocode

Pengertian Pseudocode

Pseudocode adalah kode semu yang menyerupai kode pemograman yang sebenarnya. Jadi pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika secara berurutan dari program tanpa berpikir terlebih dahulu bagaimana bahasa pemrogramannya.

Pseudocode dapat diolah oleh mesin komputer jika sudah mengikuti aturan penulisan di dalam sebuah bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan bahasa C, C++, Pascal, C#, Java, Python dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Kode Editor Terbaik Untuk Ngoding Favorit Para Programmer

Fungsi Pseudocode

Pseoudocode berfungsi untuk mempermudah penulisan dan pemetaan dari sebuah algoritma. Sebelum membuat program, Seorang programmer harus tahu algoritma seperti apa yang digunakan untuk memecahkan masalahnya. Dengan menggunakan peseudocode maka dapat diketahui tingkat kesulitan sebuah program yang akan dibuat nantinya.

Berikut beberapa fungsi pseudocode :

  1. Pesudocode berfungsi sebagai alat dokumentasi.
  2. Pseudocode dapat mempermudah pengguna dalam memahamu dan memperjelas dalam menyelesaikan masalah.
  3. Pseudocode dapat membantu penggunanya salam menuliskan algoritma yang telah dibuat.
  4. Pseudocode memiliki aspek yang sangat ringkas dan mudah karena pseudocode tidak bergantung pada suatu sistem tertentu dan itulah yang menjadikannya prinsip utama dari sebuah algoritma.

Demikian Materi tentang Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode. Semoga dapat bermanfaat.

Noted : Materinya belom selesai ya 🙂

Rekomendasi

Artikel Menarik :

materi algoritma
Next Post

No more post

Seorang pemalas yang suka menulis. Menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Karena Menulis adalah Seni. "Begitu pikiran bekerja tangan bergerak."

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.